Kamis, 15 April 2010

Analisis Iklan Axe versi Hillary Clinton

Hmm,, several weeks ago,, di kelas studi media,, saat pembahasan Althusser, Bu Eni dan Pak Kunto sempet ngebahas sedikit tentang Semiotik.
Temen-temen saya mungkin udah nyoba analisis iklan pake semiotik, berhubung saya kurang paham,, saya menundanya hingga suatu ketika Rizka minjem buku semiotik saya buat ngerjain tugas MPK 2-nya dan dia janji ngajarin saya balik setelah tugasnya selesai. And today he taught me a little bit about semiotic,, pake iklan BMW vs Jaguar sama tugasnya tentang iklan Lea Clothing versi April Fool's Day .
dan tadi saat saya searching Axe print Ad, saya menemukan gambar ini :

Well, karena saya baru belajar,, kalo ada salah mohon dimaklumi ya,,
okay kita inspect satu per satu dulu ya elemen yang ada di dalam gambar iklan di atas:
Hillary Clinton
Pin Obama 2008
bendera Amerika
teks "Imagine the power of AXE."
teks "The AXE Effect"
Botol Axe 

Seperti yang diajarin Rizka dari yang dia dapetin dikelas MPK 2,, mata orang waktu ngeliat gambar itu bergerak dari pojok kiri atas ke pojok kanan atas terus ke ke pojok kiri bawah dan terakhir ke pojok kanan bawah. 
Peletakan tulisan "The AXE Effect" dan botol Axe di pojok kanan atas sesuai dengan arah fokus mata kita, agar kita tahu itu iklan Axe. Dan menunjukan bahwa apa yang akan kita lihat selanjutnya adalah pengaruh dari penggunaan Axe.
Bendera Amerika yang menjadi background iklan ini merepresentasikan negara Amerika yang saat itu akan menghadapi pemilu raya.
Selanjutnya, ikon yang ditampilin di iklan ini adalah Hillary Clinton yang pada tahun 2008 menjadi saingan Barack Obama dalam memperebutkan kursi calon presiden dari partai Demokrat namun ironisnya kita lihat Hillary Clinton memakai pin yang menunjukan dukungannya terhadap Obama.
Posisi Hillary Clinton di kiri sambil tersenyum memandang ke arah kanan, seperti yang kita ketahui bahwa kiri dikonotasikan menjadi suatu hal yang tidak bagus, dalam iklan ini maknanya adalah Hillary kalah namun ia tetap tersenyum ke arah kanan. Walaupun telah dikalahkan Hillary tetap tersenyum dan menerima kekalahan itu dengan wajah ceria karena adanya "Axe effect"
Dan di pojok kanan bawah terdapat teks "Imagine the power of Axe", hal ini menegaskan bahwa pria manapun yang menggunakan Axe akan mendapat perhatian dari para wanita. 
Even, dalam persaingan yang begitu besar untuk memperebutkan kursi presiden Amerika,, 'diceritakan' dalam iklan Axe ini Hillary pun 'bertekuk lutut' dan ikut mendukung Obama.

hmm,, mungkin untuk ukuran semiotik ini masih terlalu sederhana,, But, i'm still learning everybody,,

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hmm...amazing writing, continue...and keep writing!! say hello...

Posting Komentar